Sabtu, 27 Maret 2010

Apa yang dimaksud teknik EVALUASI pada sistem interaksif dan tujuannya apa?

Apa yang dimaksud teknik EVALUASI pada sistem interaksif dan tujuannya apa?

Tekhnik merupakan suatu karakteristik yang dimiliki oleh seseorang untuk menghsilkan atau medapatkan sesuatu yang diinginkan. Sedangkan evaluasi itu sendiri mengevaluasi atau menguji manfaat dan fungsi dari sistem interaktif itu sendiri. Metode evaluasi harus dipilih secara akurat, cermat, dan harus cocok dengan suatu aktivitas yang sedang dilakukan. Evaluasi sering dipergunakan untuk menampilkan hasil dari suatu rancangan dengan proses uji coba dari suatu sistem yang telah dirancang sesuai dengan keinginan atau permintaan dari user ( pengguna).
contohnya : evaluasi melalui tes kemampuan, kepribadian, sikap, dan intelegensi. transformasi/proses, mesin yang bertugas mengubah bahan mentah (raw input) menjadi bahan jadi. Yang menjadi objek penilaian dalam unsur transformasi adalah kurikulum/materi, metode dan cara penilaian, sarana pendidikan/media, sistem administrasi, guru, dan personal lainnya.
output, dalam tahap ini evaluasi dilakukan untuk menilai tingkat keberhasilan atau pencapaian dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut dengan tes pencapaian atau achievement test.Outcomes, untuk menilai sejauh mana lulusan/kualitas lulusan apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan institusi/lembaga. Selain itu, evaluasi outcomes dilancarkan untuk melihat bagaimana lulusan dapat diserap oleh lapangan pekerjaan.

Tujuannya Teknik EVALUASI Pada Sistem Interaksif : Melihat efek interface bagi user Tujuan ini meliputi pertimbangan aspek dari kemudahan sistem dipelajari, dan mengidentifikasi area desain yang berlebihan dari user, dengan menggunakan informasi yang ada. Keberhasilan proses pendidikan secara langsung akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satu indicator kualitas pendidikan yang baik adalah lulusannya yang berkompeten atau kompetensi lulusan. Kompetensi merupakan fungsi dari banyak variabel antara lain kemampuan peserta didik, kemampuan pendidik, fasilitas, manajemen dan perkembangan pengetahuan ilmiah dan teknologi serta seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar