Rabu, 09 Juni 2010

Mandela Akan Menghadiri Pembukaan Piala Dunia 2010 Kamis, 03 Juni 2010 | 15:30 WIB

TEMPO Interaktif,Johannesburg:Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, 91 akan menghadiri pertandingan pembuka Piala Dunia 2010. Kabar ini dilansir harian lokal yang mengutip pernyataan Menteri Olahraga Afrika Selatan Makhenkesi Stofile .

Kabar ini mengakhiri ketidakjelasan selama sebulan apakah Mandela akan hadir pada laga antara Afrika Selatan melawan Meksiko di Soccer City, Johannesburg. Koran Business Day, yang mengutip Menteri Makhenkesi Stofile mengatakan Mandela telah menyurati ketua penyelenggara lokal Piala Dunia dan meminta tiket menonton pertandingan.

Mandela, yang dalam kondisi tua selama ini selalu membatasi kehadirannya untuk tampil di depan publik. “Mandela meminta untuk ambil bagian dalam pertandingan pembuka dan panitia lokal mengatakan oke,” kata Stofile yang dikutip Business Day, Kamis (3/6). The Nelson Mandela Foundation, yang mewakili ikon Anti Apartheid itu menolak berkomentar tentang hal ini.

“Kami tidak akan membicarakan tentang pergerakan Tuan Mandela untuk alasan keamanan,” tegas Sello Hatang, Juru Bicara The Nelson Mandela Foundation. Presiden FIFA, Sepp Blatter, awal pekan ini mengatakan ia tidak bisa tidur memikirkan apakah Mandela bisa menghadiri acara pembukaan Piala Dunia 2010, dan bergabung dengan 94 ribu orang yang akan menjejali Stadion Soccer City.

Mandela hidup dan bermukim di Soweto sebelum dibui selama 27 tahun antara tahun 19963 dan 1990. Hal itu dialaminya lantaran perlawanannya terhadap peraturan supremasi kulit putih. Empat tahun setelah keluar dari penjara ia resmi dilantik sebagai presiden dalam pemilihan umum nasional demokrasi pertama.
Referensi : http://pialadunia.tempointeraktif.com/hg/pialadunia2010_terkini/2010/06/03/brk,20100603-252520,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar