Rabu, 09 Juni 2010

Piala Dunia

Kickoff putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan tinggal berjarak 11 hari. Persiapan para kontestan telah mencapai tahap matang. Namun beberapa masih mengalami kendala, baik menyangkut teknis maupun non teknis. Belanda termasuk yang tak terlalu mengalami kendala berarti.

Seluruh pemain utama mereka berada dalam kondisi fit. Tiga pemain utama, jangkar-jangkar lini tengah, Wesley Sneijder, Aarjen Robben dan Mark van Bommel, sedang berada dalam kondisi on fire setelah saling berhadapan di babak final Liga Champions Eropa 2010. "Kami berada dalam kondisi terbaik. Sejumlah pemain yang sebelumnya diragukan karena permasalahan fisik, telah kembali bugar. Kami memiliki kekuatan untuk bersaing dengan tim-tim seperti Brasil, Jerman, Inggris dan Argentina," kata pelatih Belanda, Bert van Marwijk.

Kondisi sebaliknya menyergap Ghana, lawan mereka pada partai persahabatan intenasional, Rabu (2/6) dinihari nanti. Kekuatan The Black Star - julukan tim nasional Ghana - terletak di lini tengah, terutama pada poros utama mereka, Michael Essien. Gelandang Chelsea ini dipastikan tidak akan merumput di Afrika Selatan setelah gagal pulih dari cedera yang membekapnya sejak pertengahan musim 2009-2010 lalu. "Ini merupakan pukulan yang tajam bagi kami," sebut Milovan Rajevac, pelatih Ghana.

Essien sesungguhnya sudah tak memiliki peran yang terlalu besar lagi di partai-partai terakhir babak kualifikasi Zona Afrika. Berkutat dengan cidera membuat namanya dicoret dari daftar pemain, seperti juga dilakukan Carlo Ancelotti di Chelsea. Beban tanggung jawab lini tengah dipikul duo Lega Calcio, Stepen Appiah (Bologna) dan Sulley Muntari (Inter Milan). Namun untuk event sekelas Piala Dunia, peran Essen tetap dibutuhkan. Karena itulah Rajevac menunggu hingga detik terakhir untuk mencoret nama Essien. "Apa boleh buat. Kami berharap banyak tapi dokter tim memberikan rekomendasi berbeda," ucapnya.

Bagi Belanda sendiri, ada tidaknya Essien tak memberi pengaruh signifikan. Van Marwijk memandang Ghana sebagai lawan ideal bagi Belanda yang tergabung di Grup , bersama Denmark, Jepang dan Kamerun. "Ghana seperti pertandingan yang mendekati nyata. Ghana bermain dengan sentuhan teknik cantik, tapi secara umum mereka tidak terlalu jauh berbeda dengan Kamerun," sebutnya.

Pada pertandingan ini sendiri van Marwijk diperkirakan bakal menurunkan "trio final Liga Champions" mereka. Sneijder, Robben dan van Bommel dibangkucadangkan saat Belanda menundukkan Meksiko 2-1 dalam laga ujicoba beberapa hari lalu.

Saatnya Unjuk Gigi

Pada pertandingan lain, favorit juara lain, Portugal akan menjamu Kamerun. Pertandingan ini akan menjadi semacam upaya pelepasan diri dari beban yang kian menghimpit bagi Portugal. Setelah secara memalukan ditahan imbang 0-0 tim liliput Cape Verde, cemooh bertubi-tubi menghantam pasukan Carlos Queros. Juga Ronaldo yang pada pertandingan tersebut dinilai terlalu over acting, sibuk sendiri memamerkan skill tanpa memedulikan kerja sama tim.

Ronaldo, yang masih dipercaya sebagai kapten, telah mengajukan permintaan maaf dan berjanji tampil maksimal untuk membawa kesuksesan bagi Portugal di Afrika Selatan. "Akhirnya kami menyadari betapa berbahayanya sikap seperti itu. Bukan hanya saya, tapi seluruh tim. Kami akan tampil lebih baik. Di putaran final, seluruh negara adalah juara. Kami tidak boleh bermain-main lagi," katanya.

Kamerun mempunyai persoalan yang nyaris sama. Sejak lolos dari kualifikasi Afrika, Singa Afrika ini belum pernah menuai hasil memuaskan dalam pertandingan-pertandingan persahabatan mereka. Kenyataan yang membuat legenda sepakbola Kamerun, Roger Milla, geram dan melontarkan kritik khusus terhadap Samuel Eto'o. Tak dinyana, striker Inter Milan itu merajuk. Eto'o bahkan mengancam tidak akan ambil bagian dalam Piala Dunia. Jika masalah ini tak dapat diselesaikan, maka Kamerun jangan bermimpi dapat mengulang, apalagi melebihi, pencapaian mereka di Piala Dunia 1990.
Referensi : http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=37933:mendekati-nyata&catid=79:bola-mania&Itemid=91

Tidak ada komentar:

Posting Komentar