Rabu, 09 Juni 2010

Mandela Terima Undangan Blatter

Liputan6.com, Johannesburg: Kabar gembira bagi rakyat Afrika Selatan. Presiden FIFA Sepp Blatter mengumumkan bahwa pejuang antiapartheid dan Presiden Afrika Selatan pertama yang dipilih secara demokratis, Nelson Mandela, akan hadir di Soccer City Stadium pada pembukaan Piala Dunia 2010 yang diikuti kick-off pertandingan pembuka, Jumat, 11 Juni.

"Madiba, panggilan untuk Mandela, akan ada di sana--Soccer Stadium," kata Blatter kepada para tamu VIP pada acara makan malam di Sandton, Johannesburg, memenuhi undangan tim nasional Afrika Selatan.

Mengingat peran penting Mandela dalam mengamankan Piala Dunia, orang nomor satu di kancah sepakbola sekolong jagat itu mengatakan: "Hanya ada satu orang yang berjasa membawa Piala Dunia ke Afrika Selatan dan orang itu adalah teman saya, Nelson Mandela. Ia adalah pemimpin paling kharismatik dan jujur dan akan tercatat dalam sejarah."

"Kami merasa sangat terhormat bahwa ia akan berada bersama kita dalam pertandingan pembuka Piala Dunia ketika tuan rumah Afrika Selatan menjamu Meksiko pada 11 Juni. Madiba akan berada di sana," tambah Blatter sumringah.

Mandela yang kini berusia 91 tahun telah mengurangi penampilannya di depan publik karena alasan kesehatan. Acara terakhir yang ia datangi adalah pembukaan parlemen Afrika Selatan pada Februari lalu.

Kehadirannya di Soccer City Stadium yang berkapasitas 90.000 suporter Jumat (11/6) pekan depan akan menambah meriah pertandingan serta memberikan inspirasi bagi Bafana Bafana.

Pada 1995, ia memainkan peran besar dalam kemenangan bersejarah Afrika Selatan dalam Piala Dunia Rugby. Dan setahun kemudian "Madiba Magic" sekali lagi menginspirasi Bafana Bafana untuk mengangkat Piala Afrika di Soccer City.

Pada acara Rabu (2/6) malam, Blatter juga memberikan pesan khusus kepada tim Afrika Selatan. Ia berkata: "Kalian tidak memerlukan slogan asibasabi (kami tidak takut pada kalian) karena semuanya harus takut pada kalian. Kepada Bafana Bafana, saya katakan pergilah dan bermain untuk Afrika Selatan, pergi dan bermain untuk Benua Afrika."

Acara makan malam yang diadakan Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan (SAFA) itu dihadiri Presiden Konfederasi Sepakbola Afrika Issa Hayatou. Beberapa legenda sepakbola Afrika Selatan, seluruh anggota skuad Bafana Bafana, dan Carlos Alberto Parreira beserta tim kepelatihannya juga menghadiri acara "selamatan" sebelum pagelaran akbar.(MRQ/Times Live)
Referensi : http://bola.liputan6.com/worldcup/201006/279927/Mandela.Terima.Undangan.Blatter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar