Rabu, 09 Juni 2010

PENYAKIT DAN KEKEBALAN

Manusia termasuk organisme paling kompleks di bumi. Mereka lebih mudah penyakit dari pada makhluk hidup lainnya. Suatu keseimbangan yang menunjang kehidupan dijaga oleh sistem tubuh, namun keseimbangan rumit itu dapat diganggu dengan berjuta-juta macam cara. Meskipun gangguan yang dialaminya begitu banyak, tubuh itu cukup kuat melawannya atau untuk hidup bersama.
Untuk melindungi tubuh dari serangan virus penyakit manusia telah mengembangkan serangkain pertahanan yang disebut sistem kekebalan. Kekebalan adalah kemampuan suatu organisme, misalnya manusia untuk menahan infeksi. Jika patogen masuk kedalam tubuh manusia, maka suatu rangkain pertahanan kompleks yang terdiri atas sel-sel pun bangkit bertindak. Bagian utama sistem kekebalan ini adalah sel darah putih, yang dihasilkan limpa dan sum-sum tulang.
Sistem kekebalan tubuh tidak dapat menyerbu setiap infeksi patogen. Misalnya terhadap serangan virus AIDS yang mampu menewaskan siapa saja yang mengidap penyakit yang dibawanya. Apalagi sistem kekebalan biasanya membutuhkan waktu untuk mencapai kekuatan penuhnya, maka patogen yang lemahpun dapat menyebabkan seseorang sakit selama patogen itu belum dimusnahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar